Pengertian Stop Motion


   Stop motion terdiri dari 2 kata yaitu stop yang berarti berhenti dan motion yang berarti gerakan atau bergerak. Teknik ini menggunakan prinsip frame to frame seperti animasi 2 dimensi, pengerjaannya sama dengan animasi pada umumnya yaitu mengatur frame per frame gambar, namun yang membedakan disini adalah cara menghidupkannya (animatidnya). Jadi dapat disimpulkan bahwa stop motion animation adalah teknik membuat animasi / film / movie yang dibuat seolah-olah potongan-potongan gambar menjadi saling berhubungan satu sama lainnya sehingga membentuk suatu gerakan bahkan cerita.

   Animasi pada umumnya memiliki gerakan-gerakan yang lincah, mengapa disebut stop motion? karena jika mengerjakkan menggunakan stopmotion gerakan tidak akan tampak lincah karena keterbatasan gerak objek. Pada umumnya animasi awalnya bukan video namun melainkan kumpulan gambar yang berurutan sehingga akhirnya menjadi video.

   Begitupun dengan stopmotion yang juga terdiri dari kumpulan gambar yang berurutan namun kumpulan gambar yang didapatkan dalam stopmotion tidaklah sehalus pengerjaan animasi dengan komputer. Gerakan terkesan patah-patah karena pengambilan sebuah gambarnya memerlukan pergerakan objek secara manual.

   Stopmotion animation seringpula disebut CLAYmotion karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan CLAY (tanah liat) sebagai objek yang digunakan. Teknik stopmotion animasi pertamakali ditemukan oleh Stuart Blackton pada tahun 1960, yaitu dengan menggambar ekspresi wajah sebuah tokoh kartun pada papan tulis, kemudian diambil gambarnya dengan kamera. Kemudian dihapus untuk menggambar ekspresi wajah selanjutnya.

   Dilihat dari namanya animasi stopmotion yang berarti animasi yang dibentuk dari gerakan-gerakan yang terhenti. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

-Dilarang Menautkan Link Aktif
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik