Memasang Workgroup

   Workgroup adalah nama kelompok didalam sebuah jaringan. Anda dapat mengelompokkan beberapa komputer yang terhubung dengan kelompok-kelompok tertentu. Sebagai contoh, apabila anda sedang membangun jaringan pada 3 laboratorium (Lab basic data, Lab pemrograman visual, dan Lab jakom), anda dapat mengeompokkan jaringan tersebut menjadi 3 kelompok berdasarkan ruangnya.Pengelompokkan tersebut akan mempermudah anda dalam pengorganisasian jaringan komputer dalam jaringan. Untuk membuatnya, anda dapat melihat langkah-langkah berikut:

- Tutup semua program yang ada (jika anda sedang menjalankan beberapa program).
- Klik kanan sourcecard my computer yang ada pada halaman desktop.
- Pilih dan klok menu properties.
- Sekarang anda akan masuk kedalam halaman sistem properties.
Pada halaman tersebut, aktifkan tab komputer name.

Keterangan halaman:
1. Komputer Deskription
      Digunakan untuk memberi keterangan pada komputer.
2. Full Komputer Name
      Digunakan untuk memberikan nama identitas komputer

Sebagai catatan, sebaiknya anda memasang workgroup dengan nama yang sama dengan salah satu komputer yang ada dalam jaringan. Inilah yang disebut pengelompokan komputer.

Untuk melakukan penggantian nama workgroup dan nama komputer anda dapat mengklik tombol change, sehingga akan ditampilkan halaman.

Apabila Terjadi Kegagalan
   Seringkali kegagalan dialami oleh anda yang masiih dalam tahap pemula, maksudnya anda yang baru pertama kali melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan jaringan. Untuk membantu anda mengatasi kegagalan dalam pekerjaan anda, penulis berusaha untuk mengingatkan pekrjaan-pekerjaan apa saja yang mungkin dapat menyelesaikan permasalahan:

1.) Pastikan bahwa kartu LAN telah terpasang pada komputer anda.
2.) Cek sekali lagi apakah driver kartu LAN telah terinstall dengan baik atau belum. Permasalahan lain muncul karena adanya kesalahan installasi driver.
3.) Pastikan kabel UTP atau Coaxial anda terpasang dengan benar.
4.) Apa bila anda menggunakan Hub atau Switch pastikan lampu port yang terpasang kabel hidup (lampu berkedip).
5.) Pastikan bahwa komputer yang lain dalam keadaan hidup. Apabila dalam keadaan mati, maka anda tidak dapat mencoba berhubungan dengan komputer tersebut.
6.) Pastikan bahwa nomer IP yang dipasang pada komputer anda berbeda dengan nomer IP yang ada pada komputer lain.
7.) Pastikan anda telah menggunakan IP Address dengan kelas yang sama dengan komputer yang lain. misalnya kelas A, B, atau C.
8.) Pastikan anda telah memasukkan subnet mask dengan baik dan benar. Dalam satu jaringan, subnet masknya harus sama (apabila menggunakan kelas ip yang sama).

   Memasang workgroup juga bisa berbagi sumber daya printer untuk pemakain bersama. Jika dalam 1 jaringan LAN terdapat 3 komputer , anda tidak perlu menyediakan 3 buah printer. Cukup dengan 1 printer, ke-3 komputer bisa memakai printer bersamaan.

Sekian artikel kali ini. Maaf jika tulisan saya mngkin sulit untuk dipahami. SEMOGA BERMANFAAT :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

-Dilarang Menautkan Link Aktif
-Berkomentar Sesuai Dengan Topik